Jurnal Monolog: Demonstrasi Kontekstual Dilema Etika Modul 3.1

 

DILEMA ETIKA

Para CGP memiliki beberapa peran, salah satunya yaitu sebagai pemimpin pembelajaran. CGP harus dapat membedakan antara dilema etika dan bujukan moral dalam merespon sebuah kasus sebelum memutuskan tindakan yang tepat dan efektif. 

Perbedaan dilema etika dan bujukan moral, dilema etika yaitu suatu situasi yang terjadi kepada seseorang dimana ia harus memilih diantra dua pilihan yang secara moral benar namun bertentangan (benar VS benar).   sedangkan bujukan moral yaitu situasi yang terjadi ketika seseorang harus memutuskan benar atau salah (benar VS salah).

Langkah Penerapan 

Saya sebagai seorang pemimpin pembelajaran berusaha untuk mentransfer dan menerapkan pengetahuan atau pengalaman yang sudah saya peroleh di sekolah ataupun lingkungan asal saya melalui beberapa Langkah Dalam Mengambil Keputusan (Golden ways).  

Sebelum menuju ke 9 langkah pengambilan keputusan, saya menganalisis dan menentukan apakah masalah yang saya hadapi termasuk ke dalam dilema etika atau bujukan moral.  

Lalu 9 langkah pengambilankeputusan berikut akan saya lakukan bertahap secara kritis, terbuka dan kreatif dengan tetap mengingat keberpihakan pada Murid:
    1. Menentukan nilai-nilai yang bertentangan pada permasalahan yang sedang di hadapi
    2. Menentukan siapa saja yang terlibat dalam situasi tersebut
    3. Menentukan fakta-fakta yang relevan dalam situasi tersebut
    4. Melakukan uji benar  vs salah dalam situasi tersebut (uji legal, uji regulasi, intuisi, uji publikasi, uji panutan)
    5. menentukan paradigma apa yang ada pada permasalah tersebut, antara lain Individu lawan masyarakat, Rasa keadilan lawan rasa kasihan, Kebenaran lawan kesetiaan, Jangka pendek lawan jangka panjang.
    6. menentukan prinsip yang akan digunakan dalam pengambilan keputusan antara lain prinsip berfikir berbasis hasil, prinsip berfikir berbasis rasa peduli, dan prinsip berfikir berbasis peraturan 
    7. Menentukan penyelesaian yang kreatif untuk menyelesaikan masalah tersebut (Investigasi Opsi Trilemma)
    8. Menentukan keputusan yang akan diambil.
    9. Melihat kembali keputusan yang diambil dan merefleksikannya
Kapan saya akan menerapkan langkah tersebut

Setelah mempelajari modul 3.1 tentang pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran, Pengetahuan yang baru bagi saya dan sangat berharga, maka kedepannya ketika saya dihadapkan dalam suatu situasi atau suatu permasalahan, maka saya akan menerapkan langkah-langkah pengambilan keputusan mulai saya menulis blog ini.  

Sesuai dengan apa yang saya tulis diatas, saya akan menganalisis lebih dahulu apakah permasalahan tersebut masuk sebagai dilema etika atau bujukan moral.  Siap melaksanakan aksi nyata maksimal 4 minggu sejak tulisan ini di publish.
 
Komitmen Dalam Implementasi
    
        Saya sebagai pemimpin pembelajaran, tentu tidak bisa sendiri dan masih belajar menerapkan pengetahuan baru ini dan masih harus terus berlatih mempertajam intuisi saya dalam memandang sebuah permasalahan, dengan cara terus berlatih menerapkan sembilan langkah pengambilan dan pengujian keputusan. Tapi, saya akan melakukan yang terbaik dan tetap berpihak pada murid, dan terus berusaha memfasilitasi keberagaman belajar dan kondisi siswa saya. 
            
Rekan Pendamping

        Untuk itu saya membutuhkan rekan sejawat sebagai teman diskusi untuk menganalisis dan menentukan apakah langkah-langkah yang saya ambil telah tepat dan efektif. Untuk itu saya akan meminta bantuan baik dari kepala sekolah maupun rekan sejawat lainnya seperti guru BK, TIM kesiswaan, maupun rekan sesama calon guru penggerak di sekolah sebagai teman diskusi dalam menentukan apakah langkah-langkah pengambilan keputusan yang saya ambil sudah tepat dan efektif. 




Belum ada Komentar untuk "Jurnal Monolog: Demonstrasi Kontekstual Dilema Etika Modul 3.1 "

Posting Komentar

terimkasih telah mampir

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel