Challenge Menulis TOC " Kegelisahan"

Challenge kegiatan TOC FIM dengan Topik "KEGELISAHAN"

Peserta TOC : Anis Prasetiyaningsih, S.Pd, M.Pd
Kelompok : H
Unit : SMPN 3 Jember, Jawa Timur
Pendamping : Dian Findhiani
Kegelisan adalah sebuah keadaan kita merasakan tidak tenang dan tidak fokus melakukan sebuah aktivitas. Bagaimana saya tidak merasakan kegelisahan di hari Sabtu, 4 September 2021 ada tiga kegiatan yang harus saya ikuti. Kegiatan pertama adalah lokakarya 1 tatap muka di hotel Java lotus, kegiatan kedua adalah webinar literasi dan numerasi yang diwajibkan untuk guru dan siswa ikut menyimak dan ketiga adalah kegiatan daring Training of Coach perdana.
Pada awal kegiatan pembukaan lokakarya, saya mencoba melihat informasi terkait kedua kegiatan lain. Di sela kegiatan saya mencoba melirik sedikit demi sedikit kegiatan yang lain. Sedikit gelisah juga, selama pembukaan lokakarya membuka tutup tablet yang saya pegang. tentu saja, hal ini meresahkan karena saya tidak ingin terlihat kurang menghormati para panitia lokakarya pagi itu. Untung saja pelaksanaan pembukaan lokakarya cukup lama.
Setelah pembukaan selesai, saya menuju ke ruang-ruang belajar dalam kelompok-kelompok kecil calon guru penggerak. Disitulah saya merasa lega terlebih adalah ketika admin GML menginformasikan kegiatan TOC bisa diakses melalui dua cara yaitu Zoom dan Youtube channel. Ini membuat saya senang, karena saya bisa mengulang materi TOC ketika sudah berada di rumah dan dengan waktu belajar sesuai dengan kesenggangan saya. Satu kegiatan yang harus saya relakan kehadirannya adalah digital literasi.
Setiap saya mengalami kegelisahan, saya memiliki cara untuk mengatasi hal tersebut. Karena, saya yakin kegelisahan akan membuat semua pekerjaan saya tidak maksimal dan merugi. Saya hanya cukup membagi waktu dan fokus pada satu hal yang sedang saya kerjakan saat itu untuk hasil yang maksimal.
Sabtu kemarin saya fokus pada kegiatan CGP di hotel Java Lotus, dan sepulang kegiatan saya buka youtube kegiatan TOC, menyimak materi dan senang sekali tantangan tugas yang diberikan diberi waktu hingga senin. Yaitu, membuat terkait KEGELISAHAN. Wah pas sekali pikirku, aku bisa menuliskan kegelishan yang aku alami tadi pagi.
Ya memang tidak lama, tapi ini bisa menjadi sebuah tulisan sederhana untuk tugas ini. Sebenarnya saya merasa cukup sedih tidak bisa mengikuti secara langsung sesuai jadwal, karena jika ikut pembelajaran secara sincron tentu saja saya bisa berinteraksi tanya jawab secara langsung dengan pemateri TOC. Tapi ini adalah konsekuensi yang harus saya terima, dengan keterlambatan mengikuti kegiatan TOC ini.
Saya mengejar ketertinggalan materi TOC dengan mengikuti ulang materi di youtube dan dengan segera mengerjakan Challenge dari Ibu Dian. Jadi, jangan biarkan kegelishan menggeluti pikiran kita. Itu hanya membuat kesehatanmu terganggu, bukan berati pula memiliki banyak kegiatan akan membuatmu stress tetapi hal tersebt mengajarimu untuk mengatur dengan sebaik-baiknya waktu yang kita miliki dengan banyaknya kegiatan yang harus kita lalui.
Skala prioritas kegiatan tetaplah menjadi cara yang akan membantu kita memanage kegiatan yang harus kita lalui secara hampir atau bahkan bersamaan. Tak perlu sedih hati jika ada salah satu kegiatan harus kita relakan, tetapi tentu saja jika ada yang bisa disusulkan maka lakukanlah dengan senang hati.
Senang hati adalah kunci saya melakukan semua kegiatan ini. Dan yang paling saya ingat dari semua kegiatan yang saya ikuti adalah Bahwa Prioritas Utama dalam kehidupan saya adalah KELUARGA SAYA.
Salah satu tujuan saya menulis ini semua, tentu saja tidak sekedar memenuhi challenge TOC, tetapi juga berharap semua pembaca memahami bahwa untuk memulai menulis kita bisa menuliskan Ide tulisan yang berupa ide sederhana yang berawal dari sebuah kegelisahan. Tujuan ketiga adalah agar pembaca tahu, bahwa sebanyak apapun kegiatan yang kita miliki tetap fokus dan membagi waktu semuanya dengan baik.
"Salam literasi ,,mulai lah bergerak beraksi menulis
karena menulis bukan tentang sebuah teori,, tetapi sebuah kemauan,, semua bisa menulis ... (Dian F)"

Belum ada Komentar untuk "Challenge Menulis TOC " Kegelisahan""

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel