HASIL SELEKSI CGP TAHAP 1 DAN KEGIATAN SELEKSI TAHAP 2


Alhamdulilah LolosTahap I

Seperti informasi postingan sebelumnya tentang Rekrutmen Calon Peserta dan Pengajar Praktik PGP  Tahun 2021 angkatan 3 melalui 2 tahapan seleksi yaitu:

  • Tahap 1 : 
    • registrasi, 
    • pengisian dan penilaian biodata 
    • Mengerjakan esai, 
    • tes bakat skolastik;
  • Tahap 2 : 
    • simulasi mengajar 
    • wawancara melalui Gmeet 


Proses seleksi dilakukan oleh Tim Seleksi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan pada CGP Angkatan 3. Proses seleksi dan pengumuman saya lakukan melalui  aplikasi sim PKB.

Alhamdulilah, setelah saya melalui serangkaian proses Seleksi Rekrutmen Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak Tahap I yang kala itu bersamaan dengan rekrutmen Calon Pengajar Praktik akhirnya SK Pengumuman Hasil Seleksi Tahap 1 Calon Guru Penggerak Angkatan 3 telah beredar di Tanggal 29 April 2021. 
Artinya saya harus bersiap diri dalam seleksi tahap ke-2 yaitu simulasi mengajar dan wawancara. 

Berikut Hasil Seleksi Rekrutmen Calon Peserta Pendidikan Guru Penggerak Tahap I



SELEKSI TAHAP II

Tahap 2 adalah Simulasi mengajar dan wawancara merupakan seleksi tahap 2 dalam program pendidikan guru penggerak. Bagi kandidat peserta yang dinyatakan lolos tahap satu akan dimunculkan kotak dialog informasi pada login SIM PKB masing-masing.  

Simulasi Mengajar 

Sama dengan persiapan kita akan memulai mengajar, untuk simulasi wawancara saya siapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran/RPP untuk durasi 10 menit (keseluruhan, sesuai pedoman pada kegiatan simulasi mengajar CGP)

Kita sebagai peserta diwajibkan memilih salah satu topik mengajar yang tersedia (sesuai mata pelajaran dan jenjang) melalui SIM CGP.

RPP yang kita telah buat dan unggah mengacu pada panduan yang terdapat dalam Surat Edaran Mendikbud no 14 tahun 2019, RPP yang diunggah berisi: 
  • tujuan pembelajaran, 
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan 
  • penilaian (assessment) pembelajaran. 
Topik yang saya pilih dari pilihan topik yang telah saya download dari SIM PKB saat itu adalah materi IPA kelas VIII semester genap yaitu Getaran dan Gelombang.  Saya membuat RPP untuk durasi 10 menit dengan model pembelajaran Discovery Learning. Kemudian, saya mengunggah RPP ke Guru berbagi kemdikbud sebelum jadwal pelaksanaan seleksi Simulasi Mengajar. 

Jadi dalam simulasi mengajar, kita sebagai CGP mempraktekkan RPP bukan sebagai metode pengajaran daring, sehingga kita di tekankan untuk tidak bisa melakukan share screen saat memberikan materi pembelajaran. 

Saat hari simulasi mengajar, tentu saja kita persiapan alat dan bahan yang diperlukan untuk Simulasi Mengajar (contoh: RPP,  papan tulis, alat peraga, spidol, LKPD atau media yang memang kita butuhkan sesuai RPP yang kita buat).

Ingat semua kegiatan dalam RPP yang kita simulasikan harus dapat masuk dalam durasi 10 menit yang tersedia, ketika waktu 10 menit berlalu asesor akan mengingatkan kita batas waktu tersebut.  Dalam hal ini, sebelum simulasi dilaksanakan, saya melath diri untuk bisa mengcover semua kegiatan RPP dalam waktu 10 menit.  

Pada akhir sesi Simulasi Mengajar akan ada sesi tanya jawab dengan Asesor selama maksimal 6 menit. Peserta akan menjawab beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh tim Asesor. 

Pertanyaan asesor tentu saja, semua yang berkaitan dengan kegiatan simulasi yang telah kita lakukan sebelumnya.  Jadi, kita bisa menjawab sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan dan lakukan.

Unsur Penilaian pada simulasi mengajar

Tes Wawancara 

Untuk tes wawancara, saya tidak banyak melakukan persiapan seperti pada saat simulasi mengajar, saya hanya perlu menyiapkan mental untuk bisa tetap tenang dalam menjawab. Sambil saya mengingat-ingat jawaban saya di saat melakukan esai di tahap 1, karena sebagian besar pertanyaan yang diajukan memang dari esai tersebut. Menyiapkan perangkat dan koneksi sebaik mungkin dan menyiapkan KTP.

Saat wawancara berlangsung kurang lebih 60 menit, diwawancara oleh 2 orang Tim seleksi/Asesor pada saat yang bersamaan. 
Pada saat wawancara, saya berhadapan dengan dua orang asesor/tim seleksi.  Sebelum mulai wawancara, saya diminta untuk menunjukkan KTP dan memulai untuk berkenalan dan menyebutkan biodata diri.

Saat perkenalan saya gunakan untuk menjelaskan tentang sejarah saya mulai kapan menjadi menjadi guru hingga tugas yang saya ampu sampai sekarang.  Saya ceritakan apa saja yang telah saya raih dan lalui selama itu menjadi guru.  Apa saja karya yang pernah saya buat, pelatihan apa saja yang pernah saya ikuti.  Kemana saja saya pernah belajar dan jabatan apa saja yang pernah saya emban selama menjadi guru di Sekolah tempat saya mengajar.  

Sebenarnya saat perkenalan cukup biodata saja, rupanya perkenalan saya panjang ehhehee... tapi justru itu dari kisah yang saya paparkan menjadi pertanyaan selanjutnya bagi asesor kepada saya.  Hal tersebut mempermudah saya dalam menjawab, tentu saja kita lebih mudah bercerita tentang hal yang kita memang alami.  

Semua pertanyaan yang diajukan , mengalir sesuai dengan jawaban yang kita berikan sebelumnya, artinya berkelanjutan.  

Jadi, jujurlah dalam menjawab semua pertanyaan tersebut dengan menjawab semua pertanyaan asesor sesuai dengan pengalaman dan kemampuan yang memang kita miliki.  Tetap tenang agar semua berjalan dengan lancar.



Belum ada Komentar untuk "HASIL SELEKSI CGP TAHAP 1 DAN KEGIATAN SELEKSI TAHAP 2"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel